Gempa Berpotensi Tsunami Goncang Bitung, MM-HH Gerak Cepat Lakukan ini

    Gempa Berpotensi Tsunami Goncang Bitung, MM-HH Gerak Cepat Lakukan ini
    Walikota bersama Wakil Walikota Bitung pada kegiatan Simulasi penanggungan Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencna Daerah kota Bitung

    BITUNG - Kepanikan terjadi di lingkungan kantor Walikota Bitung, Pasal Sirine peringatan dini tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berada di halaman kator Walikota berbunyi berulang-ulang kali. 

    BMKG pun mengeluarkan peringatan bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 8, 2 SR yang berpotensi terjadinya tsunami seraya mengingatkan untuk segera menyelamatkan diri.

    Menerima informasi Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) kota Bitung, BMKG  Pun segera melaporkannya kepada Wali kota Bitung.

    Wali kota Bitung  Maurits Mantiri  bersama Wakil wali kota, Hengky Honadar, Pun memerintahkan kepada semua KPD yang ada di lingkungan kantor Wali kota Bitung untuk segera melakukan evakuasi.

    Seketika itu juga terlihat para ASN dan THL berlarian keluar dari dalam ruangan untuk menyelamatkan diri menuju ke titik kumpul yang telah ditentukan.

    Ledakan kuat berkali-kali terdengar dari dalam ruangan kantor, bahkan memicu terjadinya percikan api. suasana yg kacau dan teriakan minta tolong terdengar di beberapa ruangan kantor.

    Wali kota pun menginstruksikan kepada Kepala pelaksana (Kalaks) untuk segera melakukan asesmen di gedung-gedung kantor Walikota Bitung dan melaporkan hasilnya.Gerak cepat dilakuakn oleh BPBD, SP3, serta Dinas Kesehatan dalam hal ini Tm Reaksi Cepat (TRC) yang kemudian mulai mengevakuasi korban yg termonitor terjebak di lantai IV dengan kondisi tertimpa atap.

    Kondisi serupa juga dialami masyarakat kota Bitung terlebih yang ada di pesisir pantai. Dalam pantauan lewat HT, wali kota Bitung memerintahkan para camat agar melaporkan perkembangan di wilayah masing-masing dan segera untuk mengevakuasi masyarakat.

    Wali kota juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Bitung untuk tetap tenang dan mengikuti arahan yg sudah disampaikan.

    Semua kejadian ini hanyalah sebuah simulasi Penanggulangan Bencana yang dilakukan Badan Penanggulangan Becana  Pemerintah Kota Bitung Selasa (26/04/2022) sebagai Kesigapan dalam menangani bencana yang terjadi di kota Bitung.

    Indonesia merupakan negeri dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, dan Tsunami karena terletak pada pertemuan Tiga Lempeng/Kerak Bumi aktif sehingga kegiatan-kegiatan simulasi seperti ini agar terus dilakukan.

    Kegiatan simulasi yang berlangsung pada pukul 10.00 wita ini diikuti secara antusias oleh seluruh ASN dan THL yang ada di lingkungan kantor wali kota Bitung.  (AH)

    aBITUNG
    Abdul Halik Harun

    Abdul Halik Harun

    Artikel Sebelumnya

    Walikota Dan Wakil, Buka Pelaksanaan Ujian...

    Artikel Berikutnya

    Dandim 1310 Bitung Sebut Bagi-Bagi Takjil...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami